"FILM & ARTIKEL"

You Are Here: Home - ARTIKEL - Siklus Tumbuh ataupun Siklus Uzur ?

Add caption
Siklus Tumbuh adalah Siklus emosional yang membuat seseorang semakin lama semakin positif, semakin terkendali, semakin berani, semakin percaya diri, semakin optimis, semakin sehat, semakin semangat, semakin berprestasi, semakin bahagia, semakin sejahtera.

Sebaliknya, Siklus Uzur adalah siklus emosional yang membuat seseorang semakin lama semakin negatif, semakin terpuruk, semakin tidak terkendali dsb. Siklus ini pulalah yang menyebabkan upaya berubah selalu gagal dan semakin buruk.

Saat di siklus uzur inilah seseorang hanya memiliki dua buah pilihan yang sama buruknya yaitu :

  • pertama, apabila ybs. terpaksa berinteraksi dengan sumber stress seperti masalah keluarga, masalah teman, masalah pekerjaan, masalah ekonomi, masalah kesehatan dsb. maka ybs. mudah mengalami stress, cemas, fobia, takut, gugup, panik dsb., namun
  • kedua, apabila ybs. dapat menghindar, lari dari masalah, mencari tempat sembunyi yang paling nyaman (comfort zone) maka ybs. berpotensi terjebak dalam bentuk bentuk kecanduan, kebiasaan buruk, perilaku menyimpang, rasa malas/menunda pekerjaan, obsesif kompulsif, rasa sedih / depresi, putus asa dan terkadang disertai keinginan bunuh diri.
Itu sebabnya pemrograman diri ataupun terapi yang hanya berfokus pada “akibat” (simptom), tidak ke akar masalahnya (causa) biasanya bersifat sementara dan kalaupun berhasil, hanya berubah bentuk ke kebiasaan buruk lainnya.

Penggunaan obat obatan anti anxietas (untuk menekan rasa cemas) ataupun anti depresan/stimulansia (untuk menimbulkan kembali semangat) tetapi tanpa disertai penanganan terhadap akar masalah akan bersifat sementara dan justru berpotensi menimbulkan masalah baru berupa ketergantungan obat.

Tags: ARTIKEL

0 komentar

Leave a Reply

SMS GRATIS LEWAT INTERNET DI SINI :