"FILM & ARTIKEL"

You Are Here: Home - ARTIKEL - Bagaimana terbentuknya Sikap dan Perilaku Seseorang ?

Add caption
Kualitas diri dan prestasi seseorang sangat ditentukan oleh kualitas sikap dan perilaku, kecerdasan emosional, kebiasaan (habit) yang tumbuh dalam merespon setiap stimulus yang datang ataupun mengejar sasaran yang diinginkan.

Kualitas sikap dan perilaku sangat ditentukan oleh kualitas input yang juga merupakan kualitas output dari proses sebelumnya dan berbentuk siklus.

Kualitas “pengalaman” yang terjadi akibat tindakan yang diambil sebelumnya akan menentukan kualitas “kesimpulan” yang akan disimpan di otak (baca : persepsi).

Kualitas “kesimpulan” yang diyakini akan menjadi rujukansikap” dalam merespon stimulus berikutnya dan kualitas “sikap” yang dipilih akan menentukan kualitas “tindakan” berikutnya.

Selanjutnya kualitas “tindakan” akan menentukan kualitas “pengalaman” berikutnya dan kualitas pengalaman berikutnya akan “meneguhkan” kesimpulan sebelumnya.

Contoh : Jika Anda memiliki pengalaman yang buruk dalam tugas menjual sebelumnya akan membuat Anda mengira diri Anda tidak berbakat dalam bidang penjualan.

Dugaan tersebut akan membuat sikap Anda menjadi ragu ragu / negatif saat mendapatkan tugas menjual selanjutnya. Akibatnya kualitas tindakan menjual Anda berikutnya akan menyesuaikan dengan keragu raguan Anda sehingga potensi kegagalan berikutnya menjadi lebih besar.

Pengalaman buruk ini apabila terjadi berulang kali dan dalam waktu yang lama akan semakin meneguhkan kesimpulan sebelumnya (fiksasi) yaitu Anda memang tidak berbakat menjual.

Semakin ekstrim tingkat kegagalannya akan semakin mempercepat dan semakin memperkuat proses peneguhan negatifnya (fiksasinya). Demikian pula sebaliknya dengan proses terbentuknya prestasi mengikuti mekanisme kerja yang sama hanya dengan input yang berbeda.

Tags: ARTIKEL

0 komentar

Leave a Reply

SMS GRATIS LEWAT INTERNET DI SINI :